Tentang yang warna saya kurang tau. Selama makanan si Ibu cukup bergizi
tentunya ASI nya akan baik juga. Kalau saya, selama saya menyusui, saya
mengkonsumsi susu khusus wanita hamil dan menyusui serta minum multi vitamin
yang dulu diberikan oleh dokter kandungan.

Tentang ketahanan ASI, saya baca di buku WHAT TO EXPECT FOR THE FIRST YEAR,
untuk menyimpan ASI pada temperatur kamar, apabila botolnya telah disteril,
dapat 6 jam (tapi DSA menyarankan hanya 2 jam), bila di kulkas (tidak beku),
dapat 2 x 24 jam (tapi DSA menyarankan 24 jam saja). Kalau di freezer bahkan
bisa tahan sangat lama, dua minggu pun masih tahan. Kalau menyimpan ASI di
kulkas hendak diminumkan dalam waktu dekat, ya ditaruh di chiller saja,
tidak dibekukan. Yang harus diingat apabila menyimpan ASI dibekukan, apabila
telah di defroz (dicairkan), tidak boleh di bekukan kembali. Kalau tempat
kerja memakan waktu 2 jam sampai ke rumah, ada baiknya dipikirkan untuk
menggunakan termos es, sehingga botol ASI bisa ditaruh di termos es sehingga
suhunya menjadi suhu chiller selama dalam perjalanan.

Salam.