Saya ingin membagi pengalaman kepada calon Ibu ataupun para Ibu yg menyusui
(masih seputar ASI):

Saya pernah diberitahu Ibu  saya yg kebetulan Bidan...... (bukan promosi
lho!) & dokter saya bahwa ASI pertama yg keluar (berwarna bening) juga
mengandung zat2x kekebalan tubuh.  Oleh karena itu jangan dibuang ASI
pertama Ibu itu.
Tindakan yg saya lakukan adalah pada saat sehabis melahirkan dan bayi kita
sudah bersih begitu diserahkan ke kita oleh perawat, mulutnya langsung
didekatkan dg. (maaf)  puting susu si Ibu.  Bayi secara reflek biasanya akan
mengisap2x.  Walaupun ASI belum keluar, tindakan ini juga akan merangsang
ASI si Ibu untuk keluar/mengalir walau mungkin belum lancar.

Satu lagi yang selalu dipesankan oleh Ibu & dokter saya.  Jika saya mau
memberikan ASI, saya disarankan untuk makan atau minum susu terlebih dahulu,
segera setelah itu kita langsung memberikan ASI. Kandungan nutrisi pada ASI
pada saat itu adalah yg terbaik, jangan memberikan ASI pada saat perut kita
kosong.  Setelah menyusui tentunya kita akan merasa lapar lagi..... silahkan
makan lagi Ibu.. untuk mencukupi kebutuhan kita sendiri.

Semoga pengalaman saya itu bisa membantu para Ibu.

Wassalam.