Pak Indra, alhamdulillah anaknya sudah sembuh.  Mengenai infus, karena saya
pernah mengalami sendiri - sewaktu pemasangan jika tidak diketemukan
pembuluh darahnya (maaf kalau salah) ini sangat sakit sekali kalau jarum
dimasukkan dilepas lagi.  Dan barangkali faktor ini juga yang membuat anak
stress, yang istilah kasarnya dicoba msukkan jarum cocok atau tidak, tidak
seperti sekali suntik selesai.

Dan pada bekas tancapan jarum infus, kalau jarum infusnya bergeser sedikit
ini juga akan membuat bengkak/sakit sampai beberapa hari.  Kalau kita yang
dewasa si bisa bicara dokter/suster tempat tancapan jarumnya sakit, tapi
kalau baby bagaimana mau bicara palingan nangis.

Jadi kita sebagai orang tua, kalau anak sampai kena infus yang perlu
diperhatikan pada tancapan jarum bengkak atau tidak selama infus
berlangsung.

Untuk trauma saya rasa sangat sukar hilang.  Karena saya pernah jatuh dari
sepeda sampai mendapat jahitan yang sangat banyak, jika lewat jalan tempat
saya jatuh wah masih terbayang-bayang deh.  Dan sampai sekarang mau naik
sepeda lagi untuk olah raga saja sepertinya belum berani.

Maaf ini sekedar cerita yang saya alami sendiri.

Wassalam,