1. DepKes memang telah mengeluarkan daftar tsb.; tapi seperti yang
dikatakan kolega saya, di Indonesia apa sih yang tidak bisa dibeli dengan
uang. Bukan sinis, tapi mungkin saja 'oknum' DepKes disogok untuk tidak
mengumumkan pelarangan terhadap produk tertentu. Jika memang produk yang
aman (menurut daftar DepKes tsb.) memakai bahan dalam negeri atau import
dari Australia/NZ, kenapa harganya masih mahal dan kurang bersaing dengan
produk import dari Eropa?;
2. Menurut pengalaman saya selama tinggal di Malaysia, pemerintah sana
sangat hirau akan produk import. Mereka akan banned semua produk import
terlebih dahulu, sampai produsen/distributornya dapat membuktikan bahwa
produk mereka safe (pembuktian terbalik).
3. bagi yang punya daftar produk yang di-ban di Singapore dan Malaysia,
tolong di-share di sini, supaya kita bisa compare dengan list di Indonesia.

Zullia Saida
United States Agency for International Development (USAID)
American Embassy
Jl. Merdeka Selatan 3-5
Jakarta 10110
Phone : (62-21) 344 2211 ext. 2356
Fax   : (62-21) 3483 0916
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

-------------
Original Text
From: "Daniel Dirgantara" <[EMAIL PROTECTED]>, on 6/21/99 11:08 AM:
Rekan-rekan balita-anda,

Sehubungan dengan produk susu yang tercemar "Dioxin", saya telah membaca
list dari Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan, dimana ada tiga kategori,
yaitu "Dilarang", "Diamankan Sementara", & "Aman Digunakan".
Tetapi, dari ketiga kategori tersebut tidak terdapat susu yang sekarang
dikonsumsi oleh anak saya, yaitu susu CHILMIL dari MORINAGA. Anak saya
sudah
8 bulan mengkonsumsi susu tersebut, dan sekarang usianya 20 bulan.
Mungkin rekan-rekan punya informasi, sebenarnya susu CHILMIL itu termasuk
kategori yang mana ?

Terima kasih,
Daniel D.