Kebetulan dapat email mengenai nafsu makan anak, kebetulan pula dari point
of view seorang dokter (Prof. Dr.). Saya juga akan coba tips dari dokter
tersebut. Tampaknya susah-susah gampang yaa... :) ... Semoga bermanfaat!

From: "Prof.Dr.Soebijanto Poerwodibroto" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [MLDI] re(MLDI)nafsu makan anak
Date: Tue, 12 Jan 1999 21:04:25 +0700
Sender: [EMAIL PROTECTED]

Untuk menjawab pertanyaan Sdr.Wijono:
Apa obat perangsang nafsu makan anak yang baik (?).
(Selain KFC, Chiki, Silver Queen ...:D)
Seberapa jauh boleh diminum, supaya tidak tergantung.
Terima kasih.
Wie

ikutilah informasi berikut.
Sebetulnye dari pertanyaan itu sudah ada bayangan mengenai sebagian
jawabannya. Apa itu ?
KFC melibatkan rasa, rupa, suasana, dan tak lupa promosi/iklan, gengsi.
Chiki: rasa (gurih,asin, manis, rupa, juga promosi
Coklat sama juga rasa.
Jadi nafsu makan timbul/ada tergantung pada rasa, bau, rupa/bentuk,
suasana, emosi/keadaan kejiwaan, juga variasi makanan.
Makanan yang penting terdiri dari protein, karbohidrat, lemak,vitamin,
mineral.
Protein bisa daging ayam/unggas, sapi, ikan, tahu, tempe, keju, susu
Karbohidrat bisa beras(nasi, bubur, lontong, ketupat, kue basah dari tepung
beras/ketan), terigu (roti tawar, kue-kue, macam-macam mie), kentang,
singkong, tales, bentul, ubi, sagu, jagung, havermouth dll.
Lemak dari minyak, margarin, mentega, lemak hewan, susu
Jadi makan   bukan harus nasi, bisa lain-lainnya. Sebetulnya me-nasi-kan
seluruh rakyat Indonesia ada salahnya juga. Kenapa orang Irian yang
turun-temurun makan ubi diganti dengan nasi, begitu juga orang Ambon dulu
makan sagu sekarang sudah makan nasi. Jadi kelihayan masak
diperlukan.dengan bahan lain yang ada di sekitar kita. Saya kira ahli gizi
ada baiknya maju ke depan untuk menganekaragamkan makanan kita.
Suasana sangat berperan untuk nafsu makan. Kalau kita dimarahi bos
bisa-bisa nggak enak makan. Begitu juga bertengkar suami isteri jadi nggak
enak makan. Putus cinta jadi nggak enak makan. Untuk anak buatlah suasana
yang menyenangkan(seperti di KFC). Biasakan makan bersama rame-rame
sekeluarga. Anak asal sudah bisa duduk, sediakan kursi yang sesuai dan
diajari makan sendiri. Mulanya pasti berceceran ke mana-mana, namanya baru
belajar makan. Bersihkan dengan tenang sambil membesarkan hatinya, nanti
lama-lama kan bisa makan sendiri. Jangan sekali-kali ditakut-takuti !! Awas
kalau tidak mau makan nanti dibawa ke dokter biar disuntik!!! Kerugiannya
dua, ke dokter sesuatu yang mengerikan dan dokter tidak akan menyuntik
hanya karena anak tidak mau makan. Ah, mama/papa bohong.Ancaman-ancaman
lain bisa dianggap bohong juga. Apalagi kalau dibentak-bentak dengan muka
masam, tambah tidak suka makan.Meskipun orang tua pasti risau, jangan
perlihatkan pada anak. Tunjukkan wajah yang tetap jernih penuh kasih
sayang, sebab kadang-kadang anak menunjukkan sifat negativisme. Disuruh
tidak mau, tapi kalau dilarang malah disengaja dilakukan. Kalau tidak mau
nasi ya lainnya seperti bahan-bahan di atas.
Bentuk, rupa, warna, bau sedap, alat makan (pring/gelas warna-warni) sangat
penting menimbulkan selera makan anak. Kita orang dewasa juga merasakan itu.
Jadi selera makan anak banyak faktornya. Obat perangsang nafsu makan
sedapat mungkin dihindarkan.Saya kira semua tahu bahwa penyembuhan penyakit
tidak hanya tergantung pada obat.Faktor lain juga berperan. Vitamin tidak
menambah nafsu makan dan sudah ada dalam makanan kita sehari-hari. Kalau
makannya cukup (jumlah maupun kualitasnya) tak perlu lagi vitamin.
Mudah-mudahan bisa dipraktikkan.
Salam,
Soebijanto P.