Original Text
From: <[EMAIL PROTECTED]>, on 6/22/99 3:17 AM:
saya pernah baca-baca tentang SPF, dan ini kira-kira informasi yang saya
ingat,

SPF (Sun Protection Factor) yang direkomendasikan, minimal adalah SPF15,
dan
untuk kulit yang lebih sensitif/lebih mudah terbakar lebih disarankan untuk
menggunakan SPF lebih tinggi (yang berarti lebih banyak protection), misal
SPF30.
Beberapa produk mempunyai SPF45, dengan tulisan "waterproof", tetapi
beberapa
waktu yang lalu saya sempat lihat berita, tidak seharusnya mereka
meng-claim
waterproof, karena tidak mungkin sepenuhnya benar, akhirnya diganti dengan
"water-resistant".
Untuk penggunaannya, kira-kira digunakan 15 menit sebelum  ter-expose ke
matahari, dan diolesi ulang setelah beberapa waktu (tergantung dari jenis
kulit, seberapa terik matahari, aktifitas seperti setelah menggunakan
handuk
dsb, diolesi lagi).

Waktu yang sebaiknya dihindari adalah pk. 10 pagi - 3 siang, dimana panas
matahari dalam peak hours (karena sunscreen tidak melindungi kulit dari UVA,

tetapi sebagian besar produk memberikan protection terhadap UVB), yang
dapat
mengakibatkan kanker kulit (tentunya dalam pengertian expose yang cukup
banyak).

itu saja yang saya ingat, mungkin ada yang dapat menambahkan.
semoga bermanfaat.