Pak Misyal,
Pertama-tama selamat atas kehamilan istri bapak. Semoga kehamilan nya lancar. Dukungan
dari bapak sangat diperlukan oleh istri bapak karena menjalani kehamilan bukan sesuatu
yang mudah.
Dokter kandungan pasti lebih tahu dari kita, untuk itu bapak tidak perlu ragu mengenai
obat vitamin yang diberikan dokter. Obimin memang salah satu vitamin yang paling
sering diberikan dokter pada kehamilan muda karena juga bersifat mengurangi mual.
Untuk ibu hamil muda usahakan tidak memakan pepaya muda dan hasil olahannya (sukade)
karena dapat menggugurkan kandungan.
Karena bayi bapak masih sedikit memerlukan gizi maka nafsu makan ibu juga belum baik,
bahkan sering mual dan muntah karena perubahan hormon dalam tubuh. Selama ibu makan
dengan gisi berimbang (4 sehat 5 sempurna) maka kebutuhan gizi calon bayi bapak dapat
terpenuhi, porsi makan tidak perlu banyak asal cukup sering (3-4 jam sekali). Sediakan
biskuit asin (crackers) di samping tempat tidur, kalau saat bangun ibu merasa mual
dengan makan biskuit asin dapat menguranginya.

Riefna Azwita Fahmi
Test System Unit RisTI - Telkom
Jl. Gegerkalong Hilir 47 Bandung-Indonesia
E-mail: [EMAIL PROTECTED]
Learn Telecommunication Technology at http://www.gematel.com
http://www.ristinet.com - See the difference think better