Sesuai dengan janji saya pada rekan-rekan Balita-Anda, saya akan berbagi
informasi mengenai The Family Learning Programme (FLEP).

FLEP merupakan suatu proram terpadu yang membantu setiap keluarga untuk
mengembangkan 'pusat belajar keluarga' di rumah. Dengan adanya 'pusat
belajar keluarga' akan membantu setiap anggota keluarga untuk mewujudkan
lingkungan belajar yang menyenangkan, sehingga belajar bukan lagi menjadi
suatu hal yang dipaksakan tetapi menyenangkan.

Kenapa harus di rumah?
Karena rumah adalah lingkungan pertama dan paling berpengaruh bagi
anak-anak, khususnya anak-anak pra sekolah. Sejalan dengan perkembangannya,
anak-anak akan semakin banyak bertanya. Semakin banyak informasi yang
diberikan kepada anak, semakin banyak pula pertanyaan-pertanyaan yang
diajukannya, dan "anak hanya akan bertanya sekali sepanjang hidupnya, untuk
pertanyaan yang sama karena alasan yang sama".

Kita selaku orang tua perlu mengetahui bahwa "kesempatan belajar" bagi
anak-anak, khususnya anak-anak pra sekolah, adalah saat kita menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh anak. Namun, seringkali kita
menghilangkan "kesempatan belajar" tersebut karena kita tidak mengetahui
semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan anak dan tidak jarang pula kita
sulit untuk menjawabnya dengan jelas, benar dan menarik.

Ada beberapa alasan mengapa FLEP efektif untuk mewujudkan lingkungan belajar
yang menyenangkan, yaitu:
1. terdiri dari 3 paket utama yang memberikan informasi secara bertahap
disesuaikan dengan perkembangan anak dan tingkat keingin-tahuan anak.
- paket tahap pengenalan; memberikan informasi menarik untuk anak-anak,
khususnya anak pra sekolah, sehingga anak terangsang untuk bertanya.
- paket tahap pendalaman; memperdalam apa-apa yang telah diketahui oleh
anak-anak dengan menyediakan informasi-informasi dasar yang perlu diketahui
pada tahun-tahun pertama sekolah.
- paket tahap advance; memberikan informasi yang akurat, authoritative, dan
komperhensif.

2. Satu topik bahasan diuraikan dengan jelas, benar dan menarik, karena
selalu disertai dengan ilustrasi gambar yang tajam.

3. Keberadaannya memungkinkan  orang tua atau anak itu sendiri untuk
mengubah pertanyaan menjadi "kesempatan belajar".

Ketiga paket utama itu adalah:
1. Mengenal Dunia Taman Belajar (MDTB), pernah saya ungkap di milis ini.
2. Childcraft; dirancang khusus untuk anak pra sekolah dan anak yang lebih
tua yang memiliki interes yang tinggi.
3. The World Book Encyclopedia; diakui sebagai eksiklopedi terbaik di dunia.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan-rekan Balita-Anda. Saya akan
berusaha untuk terus menginformasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan
pendidikan anak kepada rekan-rekan, karena sebagai konsultan pendidikan saya
'concern' dengan itu. Saya berharap milis inipun akan diramaikan dengan
pembahasan seputar pendidikan anak, sehingga kita bisa berbagi pengetahuan
dan pengalaman agar kita bisa membantu mempersiapkan anak-anak kita
menghadapi tantangan jaman yang semakin berat ini.

Best Regard,
Wissyarfi (Ibu Widiawan)
Konsultan Pendidikan PT Tigaraksa Satria - World Book Division
Jl. Kayu Agung I No. A9
Bandung - 42064
telp. 022 - 312865
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

NB: Jika rekan-rekan berkenan, saya bermaksud mengirimkan brosur mengenai
paket ini, tapi lebih baik bahasannya lewat japri saja deh, agar milis kita
bisa dimanfaatkan secara optimal.