pak Edwin,
mungkin saya dapat berbagi pengalaman sedikit. anak saya usianya 8 bulan,
dan sejak 4 bulan ia juga sudah diberikan bubur susu promina, sun, nutricia,
nestle dengan berbagai macam rasa yang ada (saya coba beri macam-macam merk
untuk melatih agar ia tidak tergantung pada 1 jenis / merk saja). saat usia
5 1/2 bln, ia mulai terlihat agak sulit makan (selalu ditampung di mulut
atau disemburkan ke luar). demikian pula dengan susunya sehingga beratnya
tidak banyak bertambah. menurut dokter anak saya, semakin besar anak ia
semakin mulai mengenal rasa (indra perasa / pengecapnya mulai berfungsi /
sensitif), dan ada kemungkinan ia tidak menyukai lagi makanan / susu yang
biasa diberikan. akhirnya saya coba berikan bubur saring buatan sendiri
(bisa beras merah atau putih yang diblender / dihaluskan, yang dicampur
dengan kaldu dari ceker ayam, hati ayam, bayam, wortel, kacang hijau plus
daun seledri agar tidak amis baunya) yang rasa maupun baunya ternyata juga
enak. alhamdulillah ia sangat lahap setelah diberikan makanan itu. dan susu
juga akhirnya berganti-ganti merk (sempat 3 kali ganti) sampai akhirnya
menemukan yang ia sukai benar-benar. kalau masih sulit makan juga, dokter
saya pernah menyarankan untuk memberikan anak yang sulit makan "Milna Weight
Gain" cereal (ini agak sulit didapat, tapi saya pernah lihat ada di beberapa
cabang Hero). silakan dicoba, semoga bermanfaat.

salam,
Inoe Aldrin.