Pak/Bu Budi,

Disposable diapers yg murah juga menunjukkan kualitasnya.

Saya sendiri pada awalnya menggunakan merk Pampers (comfort, ultra dry).
Ketika pindah ke Softlove (krn. paling murah @ Rp. 1500-an), sering bocor
dan membuat kulit bayi rashes/biang popok.

Sekarang bayi saya kalo waktu siang menggunakan Pet-pet (@Rp. 1600-an),
malam dipakaikan Fitti (@Rp. 1800). Oh, iya, ukuran yg dipakai adl Medium;
makin besar makin mahal (mis. Pet pet Large @rp. 1900). Saya anjurkan
jangan menggunakan yg terlalu murah krn kadang bahan yg dipakai membuat
kulit bayi jadi lebih sensitif. Di lain pihak, Ibu Diwiwati benar;
penggunaan disposable diapers cocok-cocokan dg kulit bayi.

Tapi, apakah bukan sebaiknya memakai popok kain; lebih murah dan kurang
berdampak buruk bagi bayi? Saya sendiri telah mencoba memakaikan popok kain,
 tapi krn bayi sudah terbiasa pipis seenaknya (tertampung di disposable
diapers) dan baby sitternya juga sudah keenakan (males dong harus nyuci
popok setiap hari!) jadinya saya terpaksa memakaikan diapers tsb. Tapi jika
saya ada di rumah, saya paksakan baby saya pakai popok kain. Saya sendiri
melihat bayi tetangga hanya dipakaikan disposable diapers hanya utk
pergi-pergi; bayi mereka sudah terbiasa tidak dipakaikan popok sehingga
(kelihatannya) sudah bisa agak mengontrol pipis mereka. Atau mungkin
ibu/pengasuhnya sudah tahu kapan mereka akan pipis sehingga selalu
diberikan kesempatan utk membuka celana dan pipis sendiri. FYI, pampers
baby dry harganya sekitar @rp. 2,000-an. Kalo' belanja disposable diapers,
sebaiknya di perkulakan (yg pasti murah di Goro/33) dan beli bulk-buy krn.
jatuhnya akan lebih murah (biarpun hanya beda beberapa ratus rupiah; tapi
kalau sehari 6-7 kali ganti dikalikan seratus rupiah kali sebulan, bisa
dihitung berapa banyak bedanya).

Zullia Saida
United States Agency for International Development (USAID)
American Embassy
Jl. Merdeka Selatan 3-5
Jakarta 10110
Phone : (62-21) 344 2211 ext. 2356
Fax   : (62-21) 3483 0916
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

-------------
Original Text
From: "Dwiwati.Mulyani" <[EMAIL PROTECTED]>, on 8/2/99 2:10 PM:
To: internet["[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]>]

Mungkin tiap bayi keadaan kulitnya berbeda-beda, kalau anak saya, lebih
cocok
menggunakan "Pampers Baby Dry", karena biarpun lama memakainya, tidak bocor
dan
kulit (pantat)nya tetap kering. Sedangkan kalau memakai Pet Pet, kulitnya
sering lembab, malah celananya suka agak basah.
Ibu Budi mungkin bisa coba menggunakan berbagai merek. Nanti juga ibu akan
tahu, merek mana yang cocok untuk si kecil.