-----Original Message-----
From: Fenny Halim <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [balita-anda] Cacingan

>Yang ingin saya tanyakan adalah, sewaktu anak bapak mengalami hal ini, pada
>usia berapa ? Soalnya bayi saya sekarang umur 8 bulan. Apakah umur 8 bulan
>sudah boleh diberi obat cacing ?

Maaf topiknya agak kadaluwarsa.
Waktu anak saya umur 5 bulan kurang, saya dokternya belum boleh pakai obat
cacing. Untuk bayi yang sudah terinfeksi, bagaimana solusinya, sebaiknya
konsul langsung ke DSA.
Tapi untuk pencegahan cacingan, khususnya yang tertular melalui air minum
atau air mandi, adalah dengan kaporit. Menurut DSA tempat saya konsultasi,
kaporit itu sudah jadi standar internasional sebagai pembunuh kuman dalam
air minum termasuk cacing. Jika anda menggunakan kaporit bubuk, takarannya 1
sendok teh kaporit (dilarutkan dulu) untuk 1 m3 air. Didiamkan dulu 1 malam,
untuk dipakai keesokan harinya.
Dengan tidak bermaksud mendiskreditkan PDAM, saya menyarankan untuk
mewaspadai air PAM. Sebab di daerah saya (Surabaya-Sidoarjo) air PAM-nya
kurang bagus. Sering kami menemukan cacing kecil-kecil  berwarna merah di
bak penampungan air mandi. Padahal kami tidak menggunakan tandon air bawah
tanah. Memang kualitas air kita masih di bawah standar (masih untung
ada...). Tapi hal ini dapat kita maklumi karena biaya untuk penambahan
kaporit tidaklah murah. Bisa kita bayangkan berapa banyak kaporit yang harus
ditambahkan ke dalam air minum PDAM setiap harinya. Mungkin hal ini belum
dapat tercover oleh besarnya harga air PAM yang dibayar oleh pelanggan.
Belum lagi banyaknya kebocoran pipa PAM di jalan-jalan. Kebocoran ini sudah
pasti mencemari air PDAM kita.
Kalau di daerah anda air PAM-nya kurang bagus, saya sarankan untuk
menambahkan kaporit ke dalam air mandi bayi anda. Karena cairan desinfektan
(semacam Detol, dll) tidak cukup kuat untuk menanggulangi masalah cacing.

regards,
Silvy Indriani
mail to: [EMAIL PROTECTED]