Pak Toto,

Bayinya muntah atau gumoh (mengeluarkan sedikit susu)?. Bayi saya sering
begitu (gumoh dan muntah), sampai usianya 6-7 bulan. Mulai berkurang dan
berhenti sama sekali pada usia 10-11 bulanan (sekarang juga kadang muntah,
itu saya rasa krn masuk angin).

Kata dokternya, selain krn memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, juga krn
ia sensitif (alergi debu?). Waktu itu saya diberikan obat (mungkin
Phenistin, saya selalu lupa nama-nama obat ini) yg diteteskan ke dalam sisa
susu yg terakhir akan diminum (dalam botol). Kalau sekedar gumoh, mungkin
krn ada angin yg masuk pada waktu menyusui (baik botol maupun ASI). Bayi
hanya ditaro di punggung dan ditepok-tepok sampai keluar sendawa-nya. Kalau
muntah beneran, saya kira mungkin bisa juga krn kekenyangan. Mungkin bisa
dikurangi porsi makanan non-ASI. Sekian saja input dari saya. Salam,

Zullia Saida
United States Agency for International Development (USAID)
American Embassy
Jl. Merdeka Selatan 3-5
Jakarta 10110
Phone : (62-21) 344 2211 ext. 2356
Fax   : (62-21) 3483 0916
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

-------------
Original Text
From: "TOTO MUDJIHARTO" <[EMAIL PROTECTED]>, on 9/20/99 7:47 PM:
To: internet[<[EMAIL PROTECTED]>]

Para netter yang terhormat...
Anak saya laki-laki, 4.5 bulan, mudah sekali muntah. Empat bulan pertama
hanya ASI saja minumnya. Dia punya hobi mengulum jarinya, sehingga
terangsang untuk muntah. Kami sudah atasi dengan memakaikan sarung tangan
bayi dengan harapan jarinya tidak masuk ke mulut. Ini banyak menolong.
Tetapi saat di harus diberi makanan setengah padat (bubur susu atau
pisang+air jeruk) kebiasaan muntah makin jadi. Sebentar saja dia lepas dari
pengawasan, sempat memasukkan jarinya kemulut, dia akan muntah sehingga
seluruh makanan dan ASI yang sudah didalam perut pada keluar.
Yang jadi pertanyaan :
- Adakah cara lain untuk mencegah muntah untuk anak bayi seperti anak saya
?
- Mungkinkah ada kelainan dengan perutnya ?
Barangkali ada yang punya pengalaman sejenis, mohon saran-sarannya.
Terima kasih.

Toto M