Pak Gigih,
Sebelumnya saya ikut prihatin dengan keadaan anak
bapak, namun jangan putus harapan karena saat ini
sudah  jauh sekali kemajuan yang dicapai sehingga
anak-anak yang mempunyai kekurangan dapat hidup
normal. Yang paling dibutuhkan oleh anak bapak adalah
dukungan dari keluarga dan lingkungan sehingga ia bisa
tumbuh dengan optimal.
Salah satu penyebab ketulian yang saya tahu adalah
karena penyakit yang diderita ibu saat mengandung,
yaitu Rubella. Untuk memastikan sebab ini bapak bisa
mengajak istri untuk cek di laboratorium, untuk
menghindari agar hal ini tidak terulang pada kehamilan
berikutnya.
Penyebab lainnya mungkin banyak namun saya tidak punya
informasi yang lengkap, mungkin rekans lain dapat
menambahkan.
Salah satu sekolah khusus yang saya tahu adalah SLB
Santi Rama Jl. Fatmawati kalau bapak tinggal di
jakarta.
Mungkin di sana bapak bisa mendapat penjelasan lebih
rinci mengenai terapi, alat bantu dan harganya.

Mamanya Dafi