Masayu Nilawaty wrote:

> Saya mempunyai anak yang sekarang berumur 20 bulan, dan saya sendiri sedang
> hamil anak yang kedua, usia kehamilan 2 bulan. Masalahnya saya mengalami
> masa kehamilan yang berat dan susah ( menurut teman- teman , saya seperti
> orang yang lagi sakit lumayan berat ), kalau malam susah tidur dan tidak
> bisa tidur nyenyak karena selalu diganggu oleh mimpi buruk, rasa mual yang
> terus menerus mengganggu, pening, lemas, dll. Sampai - sampai anak saya yang
> pertama sudah 1 bulan ini malam hari tidur dengan pengasuhnya dan sepertinya
> [...]

Saya pernah mengalami hal tersebut pada waktu hamil anak saya yang
pertama perempuan. hingga kehamilan 5 bulan saya tidak pernah bisa tidur
malam, baru bisa tidur jam 5 pagi. sehingga terasa capek. akhirnya saya
mendapat surat sakit yang diperpanjang terus menerus hingga kehamilan 6
bulan, karena saya bekerja. Keadaan saya pada waktu itu adalah selalu
mimpi buruk, mual (tetapi tidak muntah), pusing dll.
setelah dicek ke dokter kandungan, saya mendapati SGOT,SGPT saya sangat
tinggi dari angka normal, dan ternyata lever saya terganggu dan
kolestrol saya tinggi juga.
saya disarankan tidak mengkonsumsi susu ibu hamil (karena nek), diganti
dengan susu kedelai, lalu makan sayuran rebus, dan mengkonsumsi telur 1
hari sekali saja.
Disamping itu saya minum lymchee (jamur asli dari cina), yang saya beli
di sinshe (kota). dengan minum air rebusan itu, membuat saya bertahan
dari rasa capek dan bisa kembali masuk kantor selama 3 bulan kemudian.