Mbak Clarissa,
Semoga artikel pendek ini bisa membantu :

Bilirubin

Bilirubin is a reddish-yellow pigment formed mainly by
the decomposition of hemoglobin in worn-out red blood
cells. The blood carries it to the liver, where it
combines with the bile and is passed on to the
duodenum, eventually being excreted.

Jaundice is caused by an accumulation of bilirubin in
the body. In newborns, special "bililites" help to
remove excess bilirubin. Jaundice, however, often
occurs in healthy, newborn babies. It may also occur
if the mother and infant have incompatible blood
groups.

Biasanya bayi normal baru lahir memiliki bilirubin
dibawah 10, kalau di atas itu disebut bayi kuning
(Jaundice), kalau kadar nya tinggi sekali (sampai 30)
memang harus diganti darahnya agar bayi tidak
mengalami kerusakan organ/syaraf.
Penggantian darah biasanya berhasil dengan baik, maka
harus dilakukan secepat mungkin agar pengaruhnya dapat
sekecil mungkin, karena bayi dengan bilirubin terlalu
tinggi dapat mengalami kerusakan syaraf. Biasanya
bilirubin yang sangat tinggi terjadi jika golongan
darah ibu dan anak tidak sama, terutama jika golongan
darah ibu O dan anak A.
Demikian dari saya.

Mamanya Dafi

=====