> Dear Netters,
>
> Saya ibu seorang bayi perempuan usia sekitar 10,5 bulan. Saat ini bayi
> saya
> sedang aktif-aktifnya belajar jalan. Yang ingin saya tanyakan :
>
> 1. Apakah bayi sudah boleh jalan di lantai/ rumput ? (dengan cara ditetah
> )
Boleh saja.
Biasanya bayi sudah mulai belajar berdiri dan merambat antara umur 8-10
bulan. Pada usia ini bayi akan senang sekali bila orang tuanya mengulurkan
tangannya untuk membantu dirinya berdiri sambil belajar melangkah....hal ini
akan menguatkan otot kaki dan juga tangannya.
> 2. Jika dia jalan/tetah, apakah sebaiknya dia menggunakan sepatu atau
> telanjang kaki saja ? (dengan catatan lantai bersih)
Saya pernah mendengar bahwa bayi yang baru mulai belajar berjalan, sebaiknya
tidak menggunakan alas kaki dan sebaiknya berjalan di atas permukaan yang
tidak rata sekali. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk telapak kakinya agar
menjadi lebih baik (tidak rata) dan menjadi lebih kuat.
> 3. Jika sebaiknya menggunakan sepatu, apakah keuntungannya ?
Keuntungan menggunakan sepatu antara lain untuk melindungi kulit telapak
kaki bayi dari benda2 tajam yang mungkin terdapat di tanah/rumput/lantai
yang dapat melukainya.
Menurut Karel Staa, DSA., sebaiknya bayi mulai dipakaikan sepatu pada usia 1
tahun karena kaki anak sebelum usia tersebut masih sangat berubah-ubah.
> 4. Bentuk sepatu yang bagaimanakah sebaiknya bayi kenakan ?
Bentuk sepatu apapun dapat digunakan oleh bayi anda, asalkan tidak membuat
bayi merasa tidak nyaman dan kesakitan. Biasanya adalah sepatu yang terbuat
dari bahan2 yang ringan/tidak berat agar dalam melangkahkan kaki bayi tidak
merasa terbebani.
> 5. Saya pernah mendengar bahwa sepatu yang berkulit keras (bukan terbuat
> dari kain/kulit tipis/sintetis) bisa membantu membentuk kaki bayi pada
> saat
> berjalan. Bagaimana seharusnya ?
Kulit sepatu yang terbuat dari kulit asli bersifat lebih elastik, mungkin
ini yang anda maksudkan bisa membantu membentuk kaki bayi pada saat
berjalan.
Hal ini saya tidak terlalu mengetahuinya, mohon maaf.

> Terima Kasih atas reply & tanggapan para Netters.
Demikian, mungkin ada koreksi dan tambahan dari rekan netter lain ?

Salam,
dhani