Pada waktu saya hamil, hal ini juga jadi bahan perdebatan saya dan ibu saya. Selama
hamil, setiap kali berkunjung ke DSOG, pasti saya di usg, dari saat pertama cek
kehamilan (usia kandungan 8 minggu, kalo engga salah). Bukan hanya saya saja, tapi
semua pasien dari semua DSOG di rumah sakit.... ya di-usg. Di setiap ruang periksa
dilengkapi alat usg, biasanya begitu di rs-rs modern sekarang. Puji Tuhan, anak saya
lahir 100 % normal. Sampai sekarang hal ini memang menjadi polemik di antara para
DSOG. Menurut info yang saya dapat dari beberapa DSOG selama saya mengikuti kursus
kehamilan, memang tidak ada jurnal/literatur atau apapun yang menyatakan usg itu 100 %
aman, namun sebaliknya juga tidak ada satupun bukti ditemukan bahwa ada bayi yang
lahir cacat karena pemakaian usg. Para dokter biasanya selalu mengikut jurnal
kedokteran untuk mendapakan info paling aktual. Kalo diperhatikan, yang biasanya
'menolak' usg adalah para DSOG senior/sudah tua sedangkan bagi DSOG yang masih
muda-muda (mungkin berusia di bawah 45 tahun), usg tiap kali pemeriksaan kehamilan
adalah tidak masalah. Masih menurut DSOG, hal ini dikarenakan pada waktu DSOG senior
itu 'sekolah', usg belum populer dan tidak atau sedikit sekali dipelajari dalam
kurikulum mereka, berbalikan dengan para DSOG junior. Hasilnya...yah seperti kakek dan
nenek kita yang lebih percaya menghitung dengan kertas dan pensil daripada mempercayai
kalkulator. Bagi yang senior, menggunakan usg harus ekstra hati-hati karena perkenalan
mereka dengan usg baru-baru saja setelah mereka praktek sekian tahun tanpa alat itu.
Bagi yang junior, mereka sudah kenal baik betul dengan usg sejak mereka masih belum
praktek. Jadi si senior menganggap usg sebagai kawan baru, sementar si junior sudah
menganggap usg seperti saudaranya. Begitulah kurang lebih. Intinya : tidak ada yang
menjamin usg itu aman 100 %, tetapi tidak juga ada bukti satupun bahwa ada bayi yang
lahir cacat gara-gara usg. Ohya...usg itu menggunakan gelombang suara, bukan
infra-red. Kadang-kadang orang suka salah. Semoga info ini bermanfaat, salam !

Mama Jonathan
--

Get your PERSONALIZED START PAGE at http://my.lycos.com