On Mon, 01 Nov 1999 09:16:33   Ian Sigit K. wrote:
>Rekan-rekan mungkin ada yang punya pengalaman, sebetulnya pada usia berapa
>seorang bayi dapat ikut ibunya beraktifitas.
>FYI anak saya saat ini berumur 3 bulan dan istri saya mulai aktif kembali
>di salah satu parpol. Jika istri saya ada kegiatan di luar rumah, anak saya
>sudah ikut ibunya (digendong)

Pak, tidak ada patokan untuk hal ini sebenarnya. Tapi, menurut hampir semua buku yang
pernah saya baca dan DSA, sebaiknya bayi tidak keluar rumah sebelum umur 6 bulan.
Pertimbangannya, dibawah usia tersebut bayi masih sangat lemah dan rentan terhadap
berbagai penyakit. Apabila sampai terkena penyakit, bisa dibayangkan betapa
menderitanya dia. Setelah 6 bulan, selain daya tahan tubuhnya sudah lebih baik,
imunisasinya juga hampir lengkap. Jadi, 'senjatanya' sudah lebih sempurna (tapi, belum
sempurna benar, lho!). Saya pikir sangat baik untuk mengindahkan nasihat ini. Apa sih
gunanya membawa bayi kemana-mana pada usia segitu muda. Bayinya juga tidak mengerti
apa-apa, dia malah tersiksa karena harus berhadapan dengan kebisingan, panas atau
dingin berganti-ganti, penyakit, bau-bauan yang merangsang (termasuk bau yang enak
seperti bau masakan). Lebih baik bayi diam dulu di rumah sampai cukup umurnya untuk
berjalan-jalan di luar.

Sebagai contoh saja, ini kisah betulan yang menimpa anak teman saya. Sejak bayi kecil
anaknya sering dibawa bepergian sampai-sampai jadi sering terkena batuk dan pilek.
Habis baru sembuh sudah diajak jalan-jalan lagi. Pada usia 4 bulan anaknya terkena
pnemonia, lalu karena masih sering juga jalan-jalan, akhirnya jadi asma permanen.
Padahal anaknya lahir normal, lho! Sekarang (17 bulan) kalau sedang terserang asma
harus dibawa ke rumah sakit untuk diberi oksigen. Ayah dan bundanya menyesal setengah
mati, tapi nasi sudah jadi bubur. Jadi...yah ambil kesimpulan sendiri deh. Semoga
bermanfaa, salam untuk Ibu !

Get your PERSONALIZED START PAGE at http://my.lycos.com