Ibu Iqbal,
Mungkin info saya ini bisa sedikit melegakan hati ibu. Keponakan saya yang
pertama adalah laki2. Semasa kecil dia termasuk anak yang aktif alias tidak
bisa diam, sampai2 kakak saya (ibunya) kewalahan kalau pengasuhnya lagi
cuti karena tidak bisa diam. Dia tidak ikut masuk play group karena waktu
itu belum terlalu populer (keponakan saya lahir tahun 1979). Ketika umur 4
tahun dia masuk TK dan selama di sekolah dia termasuk anak yang pendiam dan
agak pemalas. Tapi herannya dirumah ia aktif dan pandai menirukan apa yang
diajarkan ibu, bapaknya atau tante2 dan om2nya. Selama dia SD tidak
terlihat perkembangan nilai2nya yang bagus tetapi cenderung biasa2 saja
alias pas2an karena dia malas belajar dan kakak saya harus memberi
perhatian extra dan menunggui dia untuk belajar tidak seperti adiknya
(perempuan, lahir th 1981) yang lebih mandiri dan mau belajar dan mengulang
pelajaran di sekolah tanpa disuruh. Mungkin karena dia anak pertama dan
cucu pertama sehingga sering diperhatikan dan selalu ingin menjadi pusat
perhatian sehingga kadang2 dia  berbuat seenaknya seperti mengganggu
adik2nya (adiknya ada 2). Oleh ibunya dia dijuluki macan rumah karena kalau
di rumah dia aktif, jahil, bandel dan lain2 sedangkan di sekolah pendiam,
malas, dan berkesan tidak pandai. Mulai memasuki bangku SMP dia terlihat
agak lain, pandai bergaul, aktif di sekolah dan nilai rapornya bagus2.
Hingga dia SMA dan walaupun kelihatan jarang belajar akhirnya dia bisa
diterima di STAN. Sekarang ini dia sudah semester 3 di STAN dan IPnya cukup
bagus = 2.97.
Jadi saya rasa ibu tidak perlu terburu2 menilai "what's wrong with my
child". Asalkan ibu membimbing dia dan mengarahkan dia ke hal2 yang baik,
Saya rasa suatu saat ibu akan bangga punya anak seperti Iqbal.
Saya rasa saat ini Iqbal sedang menikmati menjadi pusat perhatian. Mungkin
Iqbal perlu diberi adik agar dia belajar membagi dan perhatian ibu ke dia
terbagi antara dia dan adiknya.

Mudah2an berguna

Intan

bambangmp <[EMAIL PROTECTED]> on 11/02/99 04:20:32 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]