Selamat ya...atas kehamilan ibu, mudah-mudah sehat. Niat ibu untuk
memberikan ASI Ekslusif, adalah modal yang sangat besar untuk produksi ASI
ibu nantinya. Karena dengan niat terlebih dahulu, otomatis kita kan berusaha
untuk mendapatkannya khan Bu... Ya..seperti Ibu Ni'amah belum juga lahir
tapi udah siap-siap biar niatnya terkabul.

Ada beberapa yang dari sekarang bisa Ibu lakukan, misalnya dengan melakukan
perawatan payudara( memassage). Ibu dapat melihat di buku-buku kehamilan.
Jika ibu punya waktu, sempatkanlah pergi ke klinik laktasi untuk belajar
memassage. Faktor makanan masih menjadi beda pendapat dikalangan Ahli.
Buktinya orang di Afrika yang kelaparan saja bisa mennyusui anaknya.
Sebenarnya tidak ada Ibu yang tidak mempunyai ASI. Dari 100 orang hanya 2
yang benar-benar tidak mempunyai ASi. Kalau selam ini kita sering dengar ASI
tidak keluar, mungkin bukan tidak keluar, tetapi posisi menyusuinya yang
salah. Dan kurang perawatan saaat hamil (puting masuk ke dalam). Bagaimana
ASInya mau keluar kalau putingnya saja tidak ada, bayi jadi tidak bisa
menyusu dong.

Perlu Ibu ketahui bahwa tidak ASI yang tidak bagus. Semua ASi bagus dan
sangat bermanfaat untuk bayi. Penelitian di Amerika membuktikan bahwa
bayi-bayi yang diberi ASI Ekslusif 4-6 bulan akan menjadi lebih sehat, lebih
pandai dan mempunyai potensial budi pekerti lebih baik.

Nah...jika nanti sudah lahir, sebelum Ibu kembali bekerja, ibu bisa memerah
ASI (kalau bayi sedang tidur dan produksi ASI berlimpah) dan menyimpannya di
kulkas. ASI tahan di Frezeer 6 bulan (Freezer dua pintu), 2 bulan (Freezer
satu pintu), 8 jam di udara luar, 24 jam di dalam termos berisi es/
dikulkas. Pokoknya ibu tidak usah khawatir kalau mau ngasih ASI Ekslusif.
Kalau masih binggung Ibu dapat langsung menghubungi saya di I & A. Sekali
lagi, semoga Ibu dapat memberikan yang terbaik kepada buah hati ibu
nantinya.

Salam

ANI