Pak Heri dan IbuLusie,
Saya mengalami hal serupa, Fauzan anak saya 20 bulan juga belum bisa bicara.
Saya mengira dia memang lambat bicara (jalan dulu).
Minggu lalu ada temen yang menyarankan untuk menjalani speak terapi dan
setelah konsultasi dg ahlinya Dr. Melly , ternyata dia tidak autism (seperti
yang kami kuatirkan), dan dia memang termasuk lambat bicara.
Perkembangan anak untuk tumbuh gigi, jalan, bicara dan beradaptasi
(misalnya) adalah lain2. Anak saya umur 5 bulan udah tumbuh gigi, berjalan
11 bulan, tapi ngomongnya masih telat.
Dr. Melly menyarankan agar anak saya dimasukkan ke play group dan sedapat
mungkin interaksi antar ortu dan anak ditingkatkan terutama dalam hal
belajar ngomong kata2 yang mudah. Maklum dia anak pertama kami dan kami
berdua bekerja dan termasuk orang yang males ngomong. Beliau juga
menyarankan untuk mengajak dia pergi agar dia berinteraksi dengan lingkungan
dan belajar beradaptasi dimanapun dia berada, misalnya ke arisan dst.
Sesekali mengajak bermain bersama temen2 sebayanya. Juga sedapat mungkin
mencari pengasuh yang cerewet/ramai.
Semoga saran Dr. Melly ini membantu....
Gimana dg netters yg lain?
-------------
Pak Heri,

Anak saya - cowok - juga lambat dalam hal kemampuan berjalannya, kalau
tidak salah baru setelah di atas umur 15 bulan. Sampai sekarang juga belum
bisa bicara yang jelas kecuali selalu mengikuti setiap suku kata terakhir
dari kata-kata yang kita ucapkan, tapi sepertinya dia ngerti kalau diajak
bicara dan disuruh melakukan sesuatu aktivitas, apalagi kalau dengar lagu
pasti akan mengikuti dengan kata-kata yang nggak jelas seperti menggumam
sampai lagu tersebut habis. Dia juga susah untuk kenal orang dan nggak mau
ikut dengan orang lain selain bapak-ibu atau orang yang memang sudah biasa
dengan dia.
Selama ini saya coba dia untuk lebih sering ketemu dengan orang selain yang
ada di rumah, misalnya pergi ke tempat bermain anak atau ke rumah saudara
atau juga olahraga seperti berenang. Tapi belum nampak hasilnya. Saya
sedang menimbang-nimbang untuk konsultasi dengan psikolog anak tapi nggak
tahu di mana. Apakah ada informasi ?

Salam,
Lusie

----------
> From: [EMAIL PROTECTED]
> To: [EMAIL PROTECTED]
> Subject: [balita-anda] Lambat Bicara
> Date: Thursday, November 11, 1999 11:15 AM
>

> Netter sekalian Yth.
>
> Kami merasa ada masalah dengan putri kami yang saat ini sudah berusia 20
> bulan. Hingga saat ini putri kami belum bisa bicara yang artinya dapat
kita
> mengerti. Dia cuma bisa teriak-teriak dan beberapa patah kata yang
artinya
> hanya dia dan orang yang biasa berhubungan yang tahu. Akan tetapi
> [...]
Regards,
 <<...>> Ninin Kristanti
Network Operation & Maintenance Celullar
Telp. 021-5331993/4 Ext. 6418
Fax. 021-5332914
HP. 0816-804942
e-mail: n_kristanti@satelindo <mailto:n_kristanti@satelindo> . co.id