Mbak Reiko,
bisa saya bayangkan susahnya hati mbak, saya dulu juga begitu, persis sama ! Putra
saya (hampir 16 bulan), pada waktu seusia dengan putra mbak juga begitu. John
(namanya) sangat tidak suka susu, kalalu putra mbak bisa habis sampai 1000 cc per hari
itu sudah 'keajaiban' buat John. John paling bisa minum 500-600 cc per hari plus satu
kali bubur susu/biskuit dan buah. Itu semuanya pun makannya 'dipaksa'. Hanya saja
untungnya masih bisa naik berat badannya. Tapi susahnya, kalo mau bobo malem jadi
'rusuh', sebab mungkin John laper, tapi engga mau mimik susu. Pokoknya saya susah hati
benar saat itu. Saya bawa ke DSA malah dikasih mycostatin, dikira dokternya ada jamur
dilidah John, jadi dia engga mau mamam dan mimik. Tapi akhirnya saya dikasih tau
saudara (yang anaknya juga susah makan setengah mati) untuk minum vitamin namanya
Vidaylin M (bukan L, hati-hati kalau beli jangan salah) buatan PT ABBOTT (nulisnya
mungkin salah)1/2 sendok teh setiap pagi. Ditambah memberikan air lempuyan!
g (obat tardisional) 1 sdt (dicampur Vidaylin M) seminggu dua kali. Untunglah sejak
saat itu nafsu makannya membaik, walaupun tetap tidak mau susu, makannya tidak susah
lagi. Sampai sekarang John masih tidak suka susu, tapi masuk juga 600 cc sehari dengan
cara disendokin. Beratnya sekarang 11 kg. Berat badannya sangat cukup, sehat dan
lincah, kata DSA. Setiap hari John saya kasih 1/2 sdt Vidaylin L plus 1 sdt Scott
Emulsion (ini juga berpengaruh positif terhadap nafsu makan John)plus air lempuyang
seminggu dua kali.

Oh ya, mbak, ada beberapa cara memodifikasi susu supaya mau dimakan sama John, kalau
mbak berminat sama info ini, mungkin bisa saya kirim lewat japri saja, soalnya nanti
kepanjangan dan mengganggu yang lain.

Mudah-mudahan bisa membantu, salam !

Mama Jonathan