                From:   Ummu Syauqi [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
                Sent:   Wednesday, January 26, 2000 1:35 PM
                To:     [EMAIL PROTECTED]
                Subject:        Re: [balita-anda] Mohon informasi tentang
keloid

                Sedikit sharing dari saya,
                Saya pernah mengalami kecelakaan lalu lintas ( 1990 ) yang
mengakibatkan luka jahitan sekitar 15 jahitan dan beberapa luka terbuka.
Ketika sembuh di bekas jahitan dan 2 tempat luka terbuka ( tangan ) tumbuh
keloid.  Oleh dokter diberi salep madecassol.  Alhamdulillah, keloidnya
mengempis. Cuma ada satu tempat ( luka terbuka, pergelangan tangan ) yang
tetap bandel dan tumbuh terus.
                Saya coba untuk diangkat ( bedah ringan, bius lokal ).
Dokter bedahnya mengatakan tidak menjamin untuk sembuh karena keloid itu
tergantung bakat masing - masing. Ada yang berbakat kuat ( setiap luka pasti
tumbuh ) ada yang sedang ( tidak setiap luka ) dan ada yang tidak berbakat
sama sekali.
                Saya diberi obat madecassol tablet dan dijahit 7 jahitan.
                Ternyata lama kelamaan timbul gatal dan keloidnya menumbuh
lagi di luka bekas jahitan bahkan lebih memanjang seukuran jahitan tersebut.
                Sekitar 2 th  ( 1994 )kemudian saya konsul dan diputuskan
untuk dicoba melalui suntikan.  Di tempat keloid tsb disuntik kenacort 2
hari sekali.  Saya habis 2 ampul kenacort ( lebih dari 20 kali suntikan ).
Tadinya agak mengempis tapi sekarang tetap dan menumbuh lagi bahkan lebih
besar sampai sekarang ( udah 9 th )

                Saya tidak tahu putra termasuk yang mana.  Apakah bakat
sekali atau tidak.  Bila bakat sekali kemungkinan untuk muncul lagi walau
sudah dioperasi tetap ada  ( ada kasus yang dioperasi atau disuntik saja
sudah sembuh ).  Kata dokter faktor, pemicu keloid bisa oleh :
                - bakat
                - sering digaruk, dipegang - pegang,
                - luka yang tidak bagus ( tidak steril, dalam... )

                demikian sharing dari saya, mudah - mudahan bermanfaat.

Kirim email ke