Pak Rudi,
Saya punya kekuatiran yang sama tentang anak saya. Anak saya umurnya sudah
29 bulan, beratnya 13 kilo. Saya takut sekali kalau dia kekurangan gizi...
Tapi ternyata saya diberitahu DSA saya bahwa ada beberapa patokan yang bisa
dipegang;
- waktu umur 1 tahun, berat anak paling sedikit 3x berat lahir . anak saya
lahir kecil (2,7 kg) waktu umur 1 tahun beratnya sudah di atas 3x berat
lahir.
- pada usia 3 tahun, berat minimal-nya 10,5 kg . Ini katanya patokan untuk
anak Indonesia.
- di-plot pertambahan berat badan di grafik BB, selama trendnya naik dan
dalam pita hijau.. nggak masalah...

Sejak itu saya agak tenang. Saya hanya jaga supaya makannya cukup
mengenyangkan dia. Menurut pengamatan saya sih anak saya itu memang nggak
bis amakan banyak. Porsi-nya kecil. Pelan-pelan saya berusaha menerima itu
sebagai ke-khas-an dia... Syukur sampai hari ini dia sehat-sehat, malah
karena langsingnya menjadi super lincah dan bandel...

Jadi jangan terlalu kuatir dulu...pak...

Salam,
Dita