Dear Ibunya Laras,

Saya memang detilnya sudah agak lupa (dikit lho) karena anak saya yang kecil
udah 2,5 th sekarang. Tetapi saya ingat betul kalau mereka (yang besar juga)
sejak mahir tengkureb dan mlumah lagi (bahasa Indonesianya apa ya) mereka
selalu suka menjejak-jejakkan kakinya di pangkuan saya, kalau saya
ajak/gendong (tangan kita jadi pegel...he...he...) memang waktu itu mereka
juga belum bisa duduk sendiri. Tetapi mereka tidak MERANGKAK lho........!
Karena bila kami sedang mengerjakan urusan rumah tangga lain, mereka kami
biarkan dalam box, kebetulan box itu box saya waktu bayi (berat  bo.. jaman
saya bayi cuma ada jati) jadi sangat aman seperti penjara. Mereka suka
berpegangan pada kisi-kisi nya, jadi memang setelah kaki mereka kuat mereka
langsung latihan berdiri dan belajar berjalan tanpa fase belajar merangkak.
Sekian share dari saya, maaf kalo kepanjangan

Menurut psikolog anak teman saya setiap anak adalah unik, secara garis besar
memang seperti yang tertulis di buku/majalah. Tetapi setiap anak punya
orientasi dan perkembangan motoriknya sendiri. Ada yang ngomong dulu, ada
yang jalan atau lari dulu. Kedua anak saya lari pada umur 12 bulan.
Wuih....... sport jantung tiap hari. Tetapi mereka baru mulai bicara setelah
lebih dari 2 tahun.Kalau ada yang menyimpang, bukan berarti kita kurang
memberi perhatian atau makanan yang baik. Bingung nggak papa asal jangan
cemas. Mereka baik-baik saja dan perhatikan deh. Satu yang ada pada semua
bayi dan balita. MEREKA PE-DE. Kalau gagal selalu mencoba lagi sampai
berhasil. Begitu pula tumbuh gigi. Ada yang bertahap, 2-2 ada yang empat
terus sampe lama lalu tiba tiba sesudah lewat waktu, sisanya tumbuh
berbarengan sampai dia demam...... Kasihan sekali.
Jadi nggak usah cemas ya....