Dear Netters,

Saya setuju kalau epidural tidak hanya untuk yang mau cesar.
Saya jadi inget pengalaman melahirkan saya.;-)
Anak saya lahir normal tanpa cesar, walaupun pada saat itu dokter-dokternya
sudah mempersiapkan untuk operasi, karena selain ternyata dia besar,
posisinyapun miring, dan bahunya nyangkut sehingga dia stack dan gak bisa
bergerak. Sementara saya  sendiri sudah kehabisan tenaga, dan tetap
merasakan sakit sekalipun sudah 2 dose epidural masuk melalui infus. Dan
akhirnya, anak saya bisa keluar juga dengan didorong oleh bidan dari bagian
bawah dada dan di bantu dengan ditarik dengan tang oleh dokter yang
sekaligus memutar posisi anak saya sehingga pundaknya tidak lagi nyangkut.

Tapi saya terkesan dengan dokter yang menangani saya pada saat melahirkan.
Mereka memang tidak menanyakan apakah saya mau pakai epidural atau tidak,
tetapi mereka melihat saya sudah kepayahan, mereka langsung berikan. Dan
mereka concern sekali dengan apa yang saya rasain, mereka kelihatan takut
kalau saya kesakitan. Saya gak tau apakah di indonesia juga begitu. Tetapi
ada pengalaman teman saya yang juga melahirkan di eropa, dokternya menolak
memberikan epidural pada saat dia sedang kepayahan. Sehingga suaminya harus
berkali-kali meminta sang dokter untuk memberikan epidural. Saya gak ngerti
aturan yang bagaimana diantara para dokter. Tapi sepengalaman saya, ke
gynekolog, dokter gigi dll di jerman, mereka selalu khawatir kalau pasiennya
kesakitan, jadi mereka tawarin untuk pakai pengurang rasa sakit.

Sekian sharing dari saya,
Mia - Mamanya Kay