Bapaknya Didi,
Wah kok denger ceritanya ngeri ya. Tapi tahap pertama
sebaiknya jangan langsung menuduh, karena mungkin aja
dia yang sakit.
Pertama-tama, berapa usia anak bapak, karena untuk
tiap tahap bayi punya kebutuhan tidur berbeda. Makin
besar bayi, makin lama dia bisa tidur tetapi total
waktu tidurnya berkurang. Jadi mungkin memang normal
kalau bayi bapak hanya bangun satu kali pada malam
hari.
Saya sendiri tidak tahu pasti bagaimana ciri-cirinya,
tapi mungkin saat bangun pun dia tidak ceria tidak
semangat, bawaannya lemas terus karena pengaruh obat,
untuk lebih jelas sih rasanya harus dibawa ke dokter
untuk pemeriksaan intensif. Kalau pemeriksaan ini
sebaiknya secepatnya agar kalau memang terbukti
efeknya belum sampai taraf yang berat.
Kalau saya punya daftar isian yang harus diisi baby
sitter mengenai kegiatan anak pada hari itu, jadi
misalnya jam berapa dia bangun, tidur, makan, minum
susu, dan data itu kita cross check dengan menelepon
ke rumah pada jam yang tidak beraturan. Saya juga
minta bantuan tetangga sebelah rumah, kalau ada yang
mencurigakan misalnya nggak ada suara sama sekali,
atau anak saya nangis keras dan lama. Juga saya
titipkan ke satpam komplek kalau susternya membawa
anak saya jalan-jalan terlalu jauh. Bukan maksudnya
untuk memata-matai, tapi saya pikir tindakan preventif
harus kita ambil agar resiko terjadi sesuatu dapat
dikurangi.
Sebaiknya kita juga melakukan pendekatan dengan suster
yang merawat anak kita, kita perhatikan kebutuhannya,
perasannya, karena kalau kita baik, maka dia akan
merasa seperti keluarga sehingga dia juga akan sayang
kepada anak kita.
Mudah-mudahan dugaan bapak tidak betul ya. Rasanya
alamat penyalur baby sitter sudah sering dibahas, jadi
bisa dilihat di arsipnya balita-anda. Kalau suster
anak saya dari Purworejo, Yayasan Pusparini
0275-22780.

Mamanya Dafi