Assalamu'alaikum wr.wb,
Mbak Anna,
Keputihan yang parah diakibatkan karena berkembangnya
kuman dalam vagina, kalau tidak diobati dengan tuntas,
pada saat anak lahir normal akan melewati bagian yang
terinfeksi akibatnya kumannya akan menempel pada bayi
yang diduga menyebabkan sepsis (berkembangnya bakteri
dalam tubuh anak)kondisi ini apabila tidak dapat
terdeteksi maka akan mengakibatkan kondisi anak terus
menurun dan menyebabkan kematian.
Kalau keputihannya ringan bisa jadi karena hormon yang
meningkat dan bisa hilang dengan obat tradisional,
tapi kalau tidak hilang juga ya harus pakai
antibiotik. Waktu saya hamil dulu pernah juga
keputihan, tapi DSOG saya menganggap hal itu sangat
serius, jadi langsung dikasi obat yang dimasukkan
dalam vagina, tadinya takut juga sih tapi dokternya
menerangkan dengan gambar, kalau hal itu aman. Jadi
nggak usah takut mbak, lebih baik mencegah kan?

Mamanya Dafi