Dear Mbak Eka....

Nyapih itu suatu kerjaan yang berat banget. Saya ingat anak saya dulu,
susah sekali disapih. Udah gagal beberapa kali. Memang pada saat nyapih,
payudara akan mengalami pembengkakan (engorgement) karena ASI kan tetap
berproduksi, sedangkan bayi mulai dibatasi minumnya. Itu biasa, kok terjadi
malah ada ibu yang sempat demam karenanya. Tapi itu akan lewat sendiri.
Bisa dikompres dengan air hangat aja dan ASI dikeluari sedikit untuk
menghindari sakit berlebihan. Lama-lama susu yang terlanjur terproduksi itu
akan kembali ke badan lagi. Dan produksi ASI-nya akan berkurang.

Semoga sukses, ya Mbak.....

Ika