Bapak Fachri,
Keberhasilan imunisasi BCG biasanya ditandai dengan berubahnya jaringan
sekitar kulit yang diimunisasi.
DSA saya bilang, masing2 anak mempunyai jaringan kulit dan kekebalan yang
berbeda2.
Apabila jaringan kulit si anak bagus (dalam arti tidak terlalu sensitif),
maka tanda keberhasilan imunisasi BCGnya hanya akan muncul seperti bentol
kecil seperti digigit nyamuk, berwarna putih (ini terjadi pada anak pertama
saya). Adapun apabila si anak mempunyai kulit yang cukup sensitif, maka
tanda keberhasilan imunisasi BCG akan sangat jelas terlihat, karena biasanya
sebelum terbentuk tanda....kulit si anak akan bentol besar dan kemudian
berbentuk seperti bisul, bahkan sampai bernanah. Hal ini menurut DSA saya
adalah normal. Nanah yang didalam bisul itu jangan dikeluarkan secara paksa,
biarkan pecah dengan sendirinya baru kemudian dibantu dikeluarkan dan
dibersihkan dengan alkohol. Biasanya kejadian ini akan berulang, dalam arti
bisul ini tidak akan kempes saat itu juga. (Untuk anak kedua saya, bisul ini
bernanah sampai tiga kali. Tanda ini muncul juga agak lama, yaitu sekitar
hampir tiga bulan). Setelah itu baru tanda imunisasi akan terbentuk, yaitu
kulit yang mengeras berbentuk lingkaran kecil, seperti bentol besar.
Menurut DSA saya, keberhasilan imunisasi BCG bisa dilihat paling lambat
muncul tiga bulan setelah imunisasi dan paling cepat sekitar satu bulan.
Apabila dalam waktu tiga bulan tidak muncul tanda sebagai keberhasilan
imunisasinya, maka dokter akan mengatakan untuk diimunisasi ulang. Hal
tersebut berarti proses imunisasi dalam tubuhnya tidak berhasil.
Jadi ditunggu saja, Pak.....sambil terus diamati. Apabila anda ragu mengenai
tanda ini, tanyakan ke DSA anda.
Demikian sharing dari saya, semoga anda tidak cemas lagi.
Salam untuk si Kecil anda.

Salam,
dhani, bunda Raka&Rayi