Dear Netters,

Saya ingin menanyakan Mengenai usia sekolah?, mungkin pada milis ini ada di
antara netters yang expert dalam masalah ini, khususnya mengkaitkan ke dalam
psikologi dan perkembangan anak.
Apakah pengaruh terhadap anak, jika ia disekolahkan (SD), pada usia yang
dibawah umumnya. Misalnya usia 5 tahun.
Kalau saya berpendapat hal ini tidak bermasalah, karena setiap anak itu
memiliki tingkat kematangan yang berbeda2. Misalnya, bisa saja anak umur 5
tahun tersebut lebih siap dibandingkan dg anak umur 7 tahun dilihat dari
sisi kematangan dan pengertiannya.
Tapi pendapat saya ini kan hanya berupa asumsi dan persepsi saya saja, bukan
berdasarkan alasan yang ilmiah. Mungkin dari sisi Psikologi/perkembangan
jiwanya akan berpengaruh, seperti merasa terbebani/stress dll. Oleh karena
itu saya berharap mungkin di antara netters dapat memberikan masukan secara
ilmiah maupun berdasarkan pengalaman.

Trim's