Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Pertama : Jarak teraman dengan televisi adalah 5 x ukuran diagonal televisi.
Misalkan televisinya berukuran 14", berarti jarak teraman adalah 5 x 14"=70"
atau sekitar 1,5 meter . Hal ini berkaitan dengan radiasi yang terjadi karena
terlepasnya elektron yang menabrak tabung fosfor sehingga muncul citra
pada layar fosfor.

Kedua: kecepatan gerak pada gambar, seperti mobil yang melesat dengan
cepat, flicker atau kilatan cahaya dengan kontras tinggi, hal tersebut dapat
memberikan dampak negatif pada syaraf pengolah citra. Untuk menghindari
kondisi negatif ini, rendahkan contras dan brightness pada televisi, atur
sedemikan rupa supaya gambar yang dihasilkan sedemikian lembut dan
jangan lebih terang dari cahaya ruangan.

Demikian sedikit informasi yang mungkin berguna.
Terima kasih.

------------------------------
Dear Netters,

Ada satu hal yang ingin saya tanyakan, barangkali ada rekan-rekan sekalian
yang mau sharing.
Saya punya bayi cewek saat ini umur 3 bulan lebih sedikit, dia kelihatan
senang sekali kalau nonton TV. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa bayi
seumur anak saya tersebut belum boleh nonton TV, bisa merusak mata, katanya.
Nah ... yang ingin saya tanyakan adalah adakah efek yang merugikan jika bayi
menonton TV.
Terima kasih sebelumnya.

Salam,
Aris