> ----------

Berdasarkan pengalaman saja yang dapat saya sharingkan....
Begini.....saya mempunyai keponakan yang sekarang sudah di SMU.
Keponakan saya itu terbilang sangat cepat dalam proses belajarnya.
Dia sudah mampu menyusun kata2 dengan sempurna secara lengkap pada usianya
yang belum mencapai 2 tahun. Ketika itu, oleh kakak saya dimasukan kedalam
kelompok bermain. Dia cepat sekali mempelajari segala sesuatu yang diajarkan
oleh guru2nya....sampai akhirnya dia mengatakan bosan bersekolah di kelompok
bermain....dengan alasan dia tidak suka sekolahnya, karena hanya bermain dan
bernyayi serta pelajaran2 yg sangat sederhana. Akhirnya, sebelum umurnya
mencapai 3 th, ia sudah dimasukan ke TK. Di TK pun ia tidak bertahan lama
karena bosan dengan alasan yang sama.
Ia sempat diistirahatkan, karena bila langsung dimasukkan ke SD usianya
masih sangat muda, 3,5 th.
Istirahatnya pun tidak berlangsung lama karena ia merasa bosan. Akhirnya, ia
dimasukkan ke SD ketika usianya menginjak 4 th. Kepada guru2nya....kakak
saya bilang hanya menitipkan anaknya saja. Tetapi ternyata kemampuan
belajarnya di atas rata2 teman2nya....maka selanjutnya ia sekolah sungguhan
dan tidak lagi dianggap anak bawang/anak titipan.
Karena ia disekolahkan di sekolah terbaik di kotanya....otamatis pelajaran
yang diterimanya juga terbaik, termasuk dalam pemberian tugas2. Kalau
menurut saya, tugas2 yang diberikan untuk anak usia SD sudah overload
(saking banyaknya). Tetapi keponakan saya mampu mengerjakannya. Ia lulus SD
sebelum usianya 10 th (ia pernah meloncat kelas dan pernah sengaja tidak
dinaikkan oleh gurunya).
Ketika akan melanjutkan ke SMP....dia mengeluh, tapi ini bukan keluhan
seperti yang terdahulu. Keluhannya sekarang adalah....ia merasa bosan dan
lelah bersekolah. Akhirnya ia diistirahatkan lagi, kali ini cukup
lama.....selama 1,5 tahun, sebelum melanjutkan ke SMP.
Saat ini prestasi belajarnya masih diatas rata2....namun tidak terlalu
menyolok, hanya masuk 3 besar saja di sekolahnya.
Demikian.....panjang juga ternyata......

Salam,
dhani