Ibunya Syafa,
Memang salah satu langkah yang diambil dokter saat
anak  memiliki berat di bawah normal atau tidak naik
dalam beberapa bulan adalah dengan mantoux tes karena
salah satu gejala TBC anak adalah berat yang tidak
naik atau cenderung turun, selain itu juga dilakukan
pemeriksaan darah, urine, pup dan foto rontgen. Karena
tes ini tidak ada efek sampingnya saya rasa tidak ada
salahnya di tes, namn harus didukung dengan tes
lainnya agar tidak diambil keputusan yang salah.
Hati-hati dengan foto rontgen karena tidak selalu
benar.
Prosedur tes adalah menyuntikkan bakteri TBC di
sela-sela kulit lengan bawah dan ditunggu hasilnya 2
sampai 3 x 24 jam lalu diukur besar pembengkakannya.
Untuk anak yang BCG nya berhasil (ada bekas luka di
lengan ) maka baru dianggap positif jika besarnya >15
mm sedangkan antara 6-10 mm bisa dianggap positif TBC
apabila di rumah memang ada yang terkena, jika
lebarnya di bawah itu maka dianggap negatif.

Mamanya Dafi