Buat Ayahnya Dito,   saya ingin membagi pengalaman sedikit ya, mudah-2an
mengurangi kekewatiran pada saat pindahan nanti,
Waktu anak saya umur 9 bulan , tentunya jauh lebih besar dari dito dan yang
pasti sudah banyak sekali kegiatannya, karena rasanya lebih susah membawa
balita bepegian atau pindah seumur anak saya karena anak sebesar  itu sudah
mengenal lingkungannya dengan baik , pengalaman saya adalah  bukan pindah
rumah selamanya tapi saya membawanya berlibur untuk waktu 3 minggu dengan
perjalanan selama kurang lebih 18 jam , persiapan saya waktu itu bahwa saya
tidak lupa untuk membawa bantal/guling /selimut, empengnya selama perjalanan
sehingga dia merasa berada ditempat tidurnya , walaupun mungkin terlihat
agak gelisah karena posisi tidur yang tidak senyaman dirumah dan itu telah
dilalui dengan baik, demikian juga waktu perjalanan pulang ( 18 jam kembali
) hanya mungkin waktu sampai ditujuan dia mengalami  JETLAG tapi hanya
selama 2 hari habis itu dapat menyesuaikan diri karena saya tidak
mengajaknya bermain waktu dia merasa bahwa harusnya saat itu disiang hari
dan saya membuatnya tertidur dengan sendirinya tanpa anak itu merasa
dipaksa, demikian juga waktu tiba kembali dirumahnya.
Jadi saya pikir bapak tidak perlu kwatir  apalagi kepindahannya itu
dibarengi dengan ayah/bundanya , mungkin sehari/dua hari gelisah karena
suasana baru , hanya yang perlu diperhatikan bahwa pada saat pesawat akan
takeoff atau landing , siapkan empeng atau botol susu sehingga telinganya
tidak mendengung jadi tidak rewel/menangis karena merasa sakit ditelinga,
tapi rasanya anak  segitu kepekaan telinganya baik sehingga pada saat
takeoff/landing buat bayi seumur tidak begitu mengganngunya,
Mudah-2an ini perjalanan pertamanya yang enak sehingga berikutnya bila
bepergian dia menjadi anak yang manis dan terbiasa, sehingga tidak membuat
kwatir kita sebagai orang tua. ( wah kok jadi panjang sekali ceritanya ya
pak ).
Selamat pindah rumah.! Salam buat Ditto.

Salam, Ibunya FADHIL.