Pak Junaidi,
Saya tidak tahu tentang menilai kecerdasan dan emosi
anak melalui gambar, tapi yang pernah saya baca bahwa
kemampuan motorik halus (misalnya gerakan menulis,
menjepit benda dengan telunjuk dan ibu jari) memiliki
tahapan tertentu. Jadi anak usai 1 tahun belum  bisa
dipaksa untuk dapat menulis karena motorik halusnya
belum berkembang, sedangkan usia 1,5 - 2 tahun sudah
mulai bisa mencoret kertas berupa garis-garis lurus
dan setelah itu ke bentuk lingkaran, jadi saya rasa
hal yang normal bagi putri bapak menggambar lingkaran
dan karena kebiasaan itu hal yang baru dan untuk
bentuk yang lain belum bisa maka akan selalu dibuat
gambar yang sama.
Tentang warna saya juga heran lho pak karena beberapa
teman juga anaknya hanya mau menyebut warna hijau,
tapi anak saya(22 bulan) tidak, dia sudah tahu semua
warna pelangi karena kebetulan saya belikan mainan
berbentuk lingkaran yang bersusun dan warna-warni.
Saya rasa mengajarkan warna sudah bisa dimulai sejak
usia 1 tahunan, sifatnya hanya pengenalan dan ingatan
saja, nanti setelah anak mulai bisa bicara baru kita
ulangi lagi mengajarkan warna, lebih baik kalau
langsung ke benda nyata, jadi kalau kita beli apel,
kita beritahu "Ini namanya apel, bentuknya bulat,
warnanya merah, rasanya manis" jadi anak dapat
informasi lengkap terhadap benda tersebut dari nama,
bentuk, warna dan rasa.
Tentang kucing, bisa kita jelaskan dengan melihat
beberapa kucing, kita sebutkan warnanya dan jelaskan
bahwa kucing tidak ada warna hijaunya, anak akan lebih
menerima kalau disertai contoh yang nyata.
Demikian dari saya.

Mamanya Dafi

--- Junaidi - IT Support RBI <[EMAIL PROTECTED]>