Mamanya Iffa, saya punya pengalaman yang kurang lebih sama tentang keringatan dan
kipas angin ini.  Anak saya sekarang sudah 7 bulan lebih. Sejak masih umur 1 minggu
(keluar dari RS) dia sudah 'tergantung' dengan kipas angin. Anak saya itu sangat mudah
berkeringat. Supaya dia selalu nyaman dan nggak mudah terkena biang keringat, Gaiea
antara lain, saya mandikan dengan air dingin, sediain banyak sapu tangan yang lembut
untuk menyeka keringatnya yang selalu muncul itu, dan kipas angin nyala terus hampir
24 jam (dengan jarak kira-kira 1.5 - 2 m). Paling diubah-ubah aja kecepatannya. Dulu
waktu masih bayi banget, kipas itu nggak diarahkan langsung, dan biasanya dengan
kecepatan yang paling rendah, Gaiea nggak keringatan lagi. Tapi semakin ke sini,
geraknya juga makin heboh, keringatnyapun makin banyak, sehingga kecepatan kipas
dinaikkan lagi. Begitu juga malam hari, full kipas angin, sampai saya sendiri yang
tidur di dekatnya jadi kedinginan. Tapi sampai saat ini Gaiea nggak kena biang
keringat.

Tapi, Gaiea, tidur pakai kelambu. Dari pengamatan saya, ternyata angin dari kipas
angin itu agak susah menembus kelambu (walaupun kipas disetel pada kec. maks). Jadi
apa yang di rasakan di luar dan di dalam kelambu nggak sama. Sepertinya angin hanya
menggerakkan angin di sekitar kelambu aja.
Mengenai paru-paru basah, saya tidak tahu pasti. Yang pasti anak saya sampai sekarang
baik-baik aja. Tapi mungkin ada baiknya juga dipastikan lagi.

Oh iya, ada juga efek lain yang saya rasakan dengan banyaknya keluar keringat, anak
saya jadi jarang banget ngompol. Apa benar demikian hubungannya, saya tidak tahu
pasti, tapi malam hari Gaiea nggak ngompol lagi.

Demikianlah pengalaman saya, semoga bermanfaat.

Bunda Gaiea