Ikutan nimbrung ya....

Saya juga pernah mengalami hal itu.  Anak saya yang pertama berumur 2,5
tahun waktu adiknya lahir.  Memang agak susah memberi pengertian bahwa kakak
harus belajar mengalah pada adik.

Tapi mungkin bisa dicoba pengalaman saya ini, Pak.  Saya mencoba mengajarkan
prioritas dalam menangani keduanya pada sang kakak.  Misalnya, pada saat
kakak dan adik sama-sama mau mandi.  Hari ini saya tawarkan mandi pada
kakaknya sebelum masak air mandi untuk adiknya.  Si kakak ingin duluan dan
saya setuju, kemudian  saya bilang sama adiknya (agar kakaknya dengar) bahwa
ibu mandiin kakak dulu, setelah itu baru adik mandi.  Besoknya saya buat air
mandi dulu untuk adiknya. Pada saat air mandi siap, kakaknya kan ingin mandi
juga, ingatkan pada kakaknya bahwa kemarinkan adik sudah mengalah mandinya
belakangan dan sekarang air mandi adik sudah siap, jadi kakak harus menunggu
sampai adik selesai mandi.  Begitu juga untuk hal-hal lainnya.
Kadang-kadang kalau saya sedang bermain dengan kakaknya kemudian adiknya
menangis, saya tidak langsung angkat adiknya, tetapi minta "ijin" dulu pada
kakaknya untuk mengangkat adik sambil diterangkan bahwa adik masih kecil
sehingga segala sesuatunya masih perlu ditolong.  Setelah sang kakak
meng"iya" kan barulah adik diangkat.   Alhamdulillah sekarang (adiknya 6
bulan, kakaknya 3 th), kakaknya sudah bisa mengalah pada adiknya.  Malah
begitu adiknya menangis dia langsung menyuruh saya untuk mengangkat adiknya
walaupun saat itu saya sedang beraktivitas dengan sang kakak.

Selamat mencoba, Pak.  Semoga kakaknya mau mengalah, asalkan kita sabar dan
konsisten melatihnya .....

Salam,

Ibunya Wasis dan Dita