Pak harjo,

Kemungkinan Bayi menangis disebabkan oleh beberapa hal diantaranya: lapar,
sakit, kesepian, overstimulation,  capek, ketidak nyamanan oleh sebab
kepanasan atau kedinginan, atau disebabkan popok/diapers basah.
Jika semua sebab diatas tidak diketemui,pada usia bayi 0-4 bulan maka
kemungkinan colic.

Menurut pakar kesehatan bayi colic hanya terjadi sekitar 20% dari bayi yang
baru lahir. Oleh karenanya diharapkan kita tidak mudah menyimpulkan kalau
bayi menangis karena colic.

Colic didefinisikan sebagai suatu periode yang terjadi pada bayi yang baru
lahir dengan alasan yang tidak jelas. Biasanya terjadi antara usia 3 atau 4
minggu sampai usia 3-4 bulan. Oleh karenanya hanya waktu yang akan
menyembuhkan colic. Namun demikian kita sebagai orang tua seyogyanya segera
merespon tangis si bayi dengan berusaha menenangkan dia.

Untuk menenangkan dapat dilakukan dengan cara mengendongnya dengan posisi
senyaman mungkin, bisa dengan cara mengendong bayi dengan menegkurapkan
pada satu tangan dengan posisi kepala lebih tinggi dari kaki. Cara yang
lain mengendong bayi dengan kepala di dada ibunya, diusap-usap punggungnya,
diperdengarkan musik atau nyayian lembut, buat suhu ruangan senyaman mungkin.

Membalikan bayi dengan posisi kai di atas dan kepala di bawah sejauh
sepengetahuan saya tidak direkomendasikan secara medis. Oleh karena itu ada
baiknya konsultasikan ke DSA.

Salam
Meidya Derni