Anak saya lahir cukup bulan (9 bulan 10 hari), tetapi lahirnya juga kuning,
setelah seminggu dibawa ke rumah kadar bilirubinnya bertambah hingga
(seingat saya) 13, karena itu dia harus di opname dan disinar.  Menurut yang
saya tahu kuning ini dapat juga disebabkan karena belum sempurnanya fungsi
hati si kecil.  Bila kadar bilirubinnya sudah terlalu tinggi (>20) maka anak
harus transfusi darah.   Setelah tiga hari di sinar kadar bilirubin anak
saya kembali normal (<10), oleh DSA diperbolehkan pulang dengan catatan anak
harus dijemur setiap hari dan diberikan ASI maksimal 3 jam sekali.
Alhamdulillah anak saya kembali normal dan sehat sampai saat ini.  Jadi
menurut saya Bapak nggak usah terlalu kwatir, kalau memang kata DSAnya harus
terapi sinar ikutin saja, karena untuk menurunkan kadar bilirubin ini akan
lebih efektif dengan penyinaran.  Selain itu jika anak  di rawat inap
sebaiknya ASI tetap dikirimkan ke RS atau ibu ke RS untuk menyusui bayinya,
agar ASI tetap banyak dan anak tetap mau minum ASI disamping mempercepat
penyembuhan.  OK Pak, nggak usah terlalu khawatir ya..........

Mamanya Naufal