Saya pernah baca artikel di suatu majalah bahwa orang kidal (tangan kiri lebih
dominan) itu disebabkan karena perkembangan otak sebelah kanannya lebih dominan dari
otak yang sebelah kiri, berbeda dengan orang normal dimana perkembangan otak sebelah
kirinya lebih dominan, jika seseorang tangan kirinya lebih dominan itu bukan suatu
penyakit atau kelainan, cuma kita berusaha untuk melatih anak kita untuk menggunakan
tangan kanannya, kalau memang anak tersebut tidak bisa, itu berarti otak kanannya
lebih dominan dari otak kiri, dan perlu diketahui bahwa orang kidal itu tidak hanya
tangannya saja tetapi hampir seluruh tubuh sebelah kiri lebih dominan dari yang kanan
(tangan, kaki mata dan pendengaran). lho kok tahu...karena saya sendiri adalah orang
kidal,  saya menggunakan tangan kiri hanya untuk menulis dan kegiatan olah raga,
selebihnya saya masih menggunakan tangan kanan dan tolong jangan dihubungkan dengan
agama yang mengatakan indentik dengan pekerjaan setan, saya juga orang Islam tapi saya
percaya bahwa Allah memberikan hal tersebut kepada saya karena pasti ada manfaatnya
buat saya. Terima kasih.

Wassalam.