Mbak, disini saya fw-kan artikel mengenai mimisan, dan mengatasi sakit panas
melalui pengobatan tradisional, semoga berguna dan saya doakan sikecil cepat
sembuh ya....

Meredam Si Merah (Mimisan)

Mimisan yang dalam istilah medis disebut epistaksis, umumnya terjadi bila
pembuluh darah dalam nostril (lubang hidung) pecah akibat pukulan pada
hidung, bersin, mengorek hidung atau saat membuang lendir. Mimisan bisa juga
disebabkan oleh iritasi atau keringnya lapisan selaput dalam hidung akibat
berkurangnya kelembaban dan lingkungan yang kering.

Mimisan kadang-kadang bisa disebabkan oleh luka pada kepala. Sementara yang
sifatnya kambuhan bisa jadi merupakan sebuah gejala dari tekanan darah
tinggi, mengkonsumsi aspirin dosis tinggi, dalam terapi obat pengencer
darah, alergi, pendarahan, tumor hidung atau sinus.

Keluarnya darah biasanya hanya terjadi dari salah satu lubang hidung.
Kebanyakan mimisan berasal dari pembuluh darah yang terletak pada bagian
depan hidung. Sebagian lagi disebabkan oleh pendarahan dari bagian belakang
hidung yang mengalir ke dalam tenggorokan. Mimisan jenis ini lebih sulit
dikendalikan dan hampir selalu membutuhkan pertolongan medis

Pertolongan pertama kasus mimisan ditujukan untuk menghentikan darah yang
keluar dan menjaga jalan udara tetap terbuka.

Pertama-tama, mintalah penderita duduk dengan posisi agak condong ke depan.
Posisi ini menahan darah agar tidak mengalir ke belakang tenggorokan yang
bisa menyebabkan penderita muntah-muntah.

* Periksa apakah ada benda dalam hidung penderita, jika memang ditemukan
ambil benda tersebut bila perlu
* Pencet hidung penderita selama 10 menit dan biarkan ia bernafas melalui
mulut
* Jika darah masih keluar, pencet kembali selama beberapa menit, namun bila
pendarahan terus berlangsung lebih dari 30 menit, jangan tunggu lagi, bawa
penderita ke rumah sakit
* Jika pendarahan bisa dikendalikan, bersihkan hidung dan mulutnya perlahan
dengan kain basah

Dua hari setelah reda, hindari membuang lendir, mengorek hidung, atau
melakukan apapun di dalam hidung Anda. Tindakan-tindakan seperti ini bisa
memicu terjadinya pendarahan. (HT)