Tambahan info tentang Hydrocephalus

Sebuah artikel yang pernah saya baca di majalah Tempo mengatakan :
Sebuah operasi dilakukan (di US) pada bayi yang masih dalam kandungan (usia
kandungan 6 bulan), untuk mengatasi kebocoran pada tulang belakang si bayi.
Kebocoran tulang belakang ini mengakibatkan cairan-cairan dari otak tidak
dapat bersirkulasi ke seluruh tubuh. Hal ini merupakan salah satu penyebab
Hydrocephalus (pembesaran kepala akibat carian otak tidak dapat mengalir).
Yang menarik cerita operasinya nih ...
Pada usia kandung 6 bulan, si bayi dilahirkan secara caesar, tapi tidak
diputus tali pusarnya. Air ketubannya ditampung dalam wadah (steril
tentunya). Si Bayi diletakkan di atas perut ibunya, dan dioprasi sebagaimana
layaknya "manusia yang sudah lahir" dioprasi. Setelah operasi selesai
dilakukan, si bayi dimasukkan kembali ke perut ibunya, air ketubannya juga
dimasukkan kembali, rahim dan perut si ibu pun dijahit dan ditutup kembali.
Menunggu usia kandung cukup untuk dilahirkan, si ibu di bawah pengawasan
ketat tim dokter di RS. Pada usia kandungan sudah mencapai 7 bulan, si ibu
dioprasi caesar lagi untuk "melahirkan" bayinya.
Bayinya lahir dalam keadaan normal !! meskipun sampai dengan 7 tahun
pertamanya harus berada di bawah pengawasan intensif dokter....

** Sebuah harga yang sangat mahal untuk memperbaiki kualitas hidup seorang
bayi. Kalau di kurskan mencapai seratus sekian juta Rp. Itu pun masih
bersubsidi dari Foundation pendukung research-nya.

Di Indonesia kapan ada ya??