Yth. Netter,

Assalamu'alaikum wr. wb.
Anak saya (3 th 3 bl)  sebulan yang lalu dia kena radang bronchitis disertai
dengan timbulnya benjolan, hampir seluruh kepala dan telapak tangan dua-2nya
bengkak. Hanya telapak tangannya saja yang terasa gatal minta digaruk.  Pagi
harinya benjolan di kepala hilang, telapak tangan yang masih kelihatan
bengkak walaupun siang harinya hilang juga.  Kami sadari pada saat itu
memang hidungnya meler, ada batuk seperti ada dahak dan kecapaian habis
nginep/jalan-jalan dari Bogor.  Tapi yang bikin kami bingung benjolan yang
muncul dikepala dan telapak tangan itu terulang lagi beberapa hari ini
disertai gatal, timbulnya hanya di malam hari menjelang pagi pun hilang
sendiri.  Dan anehnya di awali dari kepala dulu.  Sewaktu di RS/sebelum
diperiksa dia merengek minta roti, saya turuti saya belikan 1 bks roti
berisi coklat, dimakan habis.  Yang diderita/dialami Tio (nama anak saya)
semua saya sampaikan ke DSA termasuk jika malam Tio sering  basah keringat,
bisa 2 kali ganti baju.  Untuk sementara ini DSA kasih kesimpulan bahwa Tio
alergi coklat, dan masih menunggu hasil pemeriksaan foto/ronten torak
(periksa ulang).  Betul juga pada tidur siang/sepulang dari RS kepalanya
timbul benjolan besar dan kecil, leher belakang dan kaki disertai gatal.
Mudah-mudahan saja anak saya hanya alergi coklat.  Rekan netter, dari uraian
yang agak panjang ini ada hal yang perlu saya tanyakan mungkin dari sekian
netter punya pengalaman/pengetahuan :
1. Selama ini anak saya tidak pernah pantangan/alergi.
   Apa penyebab utama bisa kena alergi, lingkungan/udara, makanan/kondisi
tubuh?
2. Apakah ada cara/obat tradisional untuk mengatasi/menghilangkan alergi?
3. Dari DSA agar tidak ngasih semacam mie instant/makanan/cemilan yang ada
coklat/semacam chiki,
   cemilan apa yang paling bagus dan mudah di dapat/dibikin sendiri.
Sekian, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam,
Ibunya Tio