Saat menyusui, posisikan bayi dengan sempurna usahakan di gendong dengan posisi 45
derajat (yang penting jangan terlalu berdiri dan jangan terlalu terlentang). Ibunya
usahakan sambil duduk, kalau toh sambil tiduran posisi ibu harus lebih tinggi dari
bayi (tangan kanan sambil menopang kepala). Ibu dan bayi sama-sama miring.
Kemudian setelah di nenenin , bayi jangan langsung di gendong sambil di  ayun-ayun
tetapi di gendong berdiri sandarkan pada pundak, tangan kiri di leher bagian
belakang dan sambil menjepit badan bayi sedang tangan kanan menepuk-nepuk
punggungnya sampai si bayi bersendawa.
Satu lagi soal nenen ibunya usahakan normal (artinya tidak mandi malem hari/terlalu
pagi) dan ibunya jangan dalam keadaan cape sekali. Sebenarnya kedua tips ini tidak
cukup beralasan bisa berpengaruh terhadap payudara ibu, tetapi pengalaman istri saya
seperti itu dan ini sangat membantu agar bayi tidak gumoh. Kurang lebihnya saya
minta maaf.