Papanya Michael,

Bayi yang berumur 3 bulan sudah bisa di bawa dengan pesawat terbang dengan
membawa surat keterangan dari DSA karena pada umumnya penerbangan
membutuhkan surat keterangan tersebut untuk izin terbang membawa bayi.
Siapkan kapas untuk menutup telinga si bayi, botol susu yang cukup untuk
diminum saat take off dan landing (dimana tekanan saat itu kuat sekali).
Selimut penghangat tubuh dimana suhu udara di pesawat cukup dingin.  Gunakan
diaper yang daya serapnya bagus selama perjalanan. Dekaplah bayi selama
penerbangan.  Akan lebih bagus jika bayi menangis.  Ini tip yang saya
dapatkan dari DSA anak saya dan saya telah mengalaminya. Alhamdulillah
kondisi anak saya baik-baik saja.

Jika menggunakan mobil, siapkan juga perlengkapan diatas. saya sarankan
siapkan tempat tidur yang nyaman buat si bayi di mobil. Supaya si Ibu tidak
kerepotan dan si bayi juga merasa nyaman alangkah baiknya jika Bapak bisa
menyiapkan infant car seat. Selama perjalanan bayi dapat diletakkan di car
seat dengan pengawasan si Ibu tentunya.

Mamanya Alissa