Dear all .. I am a new member of your group.
Aku mungkin bisa bagi pengalamanku. Setelah melahirkan 16 bl yl dan mulai
masuk kerja, aku juga beri baby ku ASI dari pompa. Setiap hari aku pompa
pagi-pagi (subuh) lalu aku masukkan dalam botol kecil-kecil sesuai takaran
(biasanya 60 - 120 ml) untuk persediaan hari itu.
Di kantor aku lakukan hal yang sama, tapi dengan breast pump yang otomatis
masuk ke dalam botol, lalu aku simpan di lemari es kantor. Pulangnya aku
masukkan dulu ke dalam termos kecil supaya tetap dingin dan sampai di rumah
harus segera di masukkan lagi ke dalam botol kecil-kecil untuk persediaan
selanjutnya.
Pada prinsipnya ASI itu tahan 2x24 jam (tapi sebaiknya tidak selama ini) dan
sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam freezer, karena begitu dicairkan, dia
tidak boleh dibekukan lagi. Mungkin bisa diletakkan di bagian daging/buah (
1 tingkat di bawah freezer ). Itulah sebaiknya kita masukkan dalam botol
kecil-kecil supaya kalau dibekukan bisa langsung dicairkan sesuai kebutuhan.
Bagus juga kalau kita beri label untuk masing-masing botol supaya terkontrol
baik.
Oke .. selamat bekerja kembali ya ..
* note : botol kecil-kecil ini bisa didapat di Hero di bagian plastik,
bentuknya seperti stoples kecil sekali dari plastik.

Bundanya Veda