Mbak Yenny, mengenai madu dulu saya juga punya persepsi yg sama bahwa
madu yang asli tidak dikerubungi semut. Ternyata asumsi kita salah lho..
beberapa
peternak lebah justru mengatakan bahwa madu yang tidak dikerubungi semut
malah banyak mengandung zat lilin dan sebagian besar yg mengkonsumsi adalah
pabrik batik (digunakan utk membatik). Madu yg asli justru dikerubungi semut
tapi krn mengandung bbrp ekstrak lebah maka kalau diperhatikan semut2 tsb
langsung mati waktu sudah memakan madu tsb. Berbeda dgn gula, biar dikerubungi
semut sampai gulanya habis, ya tetep aja semutnya banyak.
Dan mengenai letupan, itu adalah ciri-ciri madu yg asli terutama madu yg
diternak
di hutan2 di luar Jawa seperti Kalimantan danSumbawa. Jadi kalau mau membuka
botolnya sebaiknya tidak dalam keadaan botol tersebut baru saja terkena panas.
Efeknya tidak hanya isinya muncrat, tapi botolnya bisa meledak.