hallo, kawan-kawan....

soal bintil mata, saya juga sering dulu mengalaminya, udah bakat lah
ceritanya. sejak kecil saya sering banget kena ( bisa kelopak mata yang kiri
ataupun yang kanan), tapi ortu saya nggak begitu merisaukan sih, karena saya
sendiri nggak nampak kesakitan atau menderita.

baru ketika saya duduk di SLTP, saya mulai mikir, jangan-jangan ini bisa
jadi kanker atau tumor jinak, masyaAllah ngeri deh.
mulailah saya mencari penyebabnya.

analisis saya yang pertama kala itu adalah kurangnya mata beristirahat.
saya mulai membandingkan ukuran bintil itu sebelum dan sesudah tidur,
ternyata memang ada bedanya. ukurannya jadi lebih kecil waktu saya barusan
bangun. untuk mengoptimalkan rileksnya mata, saya juga sering menempelkan
kain basah yang dingin ke mata bila terlalu lelah membaca.

analisis yang kedua, karena ada alergen atau zat-zat asing yang mengganggu
kesehatan mata. lalu saya jadi sering mencuci mata saya dengan air garam
(kan nggak perih, malah dingin!) setiap kali saya baru pulang dari
bepergian. asumsi saya, asap knalpot dan partikel-partikel debu pasti punya
andil memperparah si bintil.
selain mencuci mata dengan air garam, setiap kali mandi, saya biasakan
mengguyurkan bargayung-gayung air ke muka dengan mata yang terbuka lebar.

dengan berdasarkan dua analisis itu, alhamdulillah sekarang saya bebas
bintil mata. biasanya setiap beberapa bulan sekali bintil itu ikut nampang
di mata saya (dan bertahan sampai beberapa minggu!), sekarang.....enam tahun
telah berlalu, everything goes fine.

oya, dulu saya juga berusaha untuk tidak meraba-raba bintil mata saya,
khawatirnya semakin sering terjamah semakin besar ia jadinya.

nah, pesan nih ya......asalkan bintil itu nggak mengganggu/ menghalangi
penglihatan, nggak merah, nggak pedih.....insyaAllah nggak perlu dicemaskan.
dan jangan lupa berdoa, Allah adalah sebaik-baik tempat kita memohon
pertolongan.

oh, satu lagi, kalau pas matahari bersinar terik, jangan lupa pakai topi
atau apa sajalah yang bisa melindungi mata dari sinar UV-nya.

hope you get the benefit from it.
brillie

Get more from the Web.  FREE MSN Explorer download : http://explorer.msn.com