Ibu Fira,
Memang masanya koq anak seusia itu mempunyai teman hayal, ibu nggak usah
bingung, semuanya normal.  Naufal anak saya juga suka begitu, dia juga suka
menganggap dirinya Batman, terus ayahnya Robin, dilain hal malah kalau kita
membacakan buku gambar binatang, dia menganggap binatang A itu dia, terus
binatang lainnya nama temanya. Yang penting kita perhatikan adalah agar
teman khayalnya ini menjadi pengalaman yang positif adalah :
1.  Biarkan anak bermain dengan teman khayalnya tanpa diganggu atau diberi
komentar yang menyudutkan, jika kita melarang atau mentertawakannya anak
tidak akan berhenti, malah akan membuat ia semakin larut dengan teman
khayalnya (melebihi yang semestinya).
2.  Terimalah dan ajaklah teman khayalnya.
3.  Biarkan anak yang memimpin permainan, jangan menawarkan untuk
melakukannya, misal kita yang meminta teman khayalnya untuk melakukan
sesuatu. JAdi kita biarkan si kecil yang meminta kita melakukannya.
4.  Jangan biarkan anak menggunakan teman khayalnya untuk melarikan diri
dari konsekuensi (sebagai kambing hitam apabila anak melakukan kesalahan).
5.  Menyediakan sarana lain bagi khayalan anak.  Kita dapat membantu anak
untuk memperkaya daya khayalnya dengan membacakan buku yang berisi berbagai
tokoh, tempat, dan peristiwa. Kita beritahu bahwa ini hanya pura-pura, bukan
yang sesungguhnya.
6.  Menyediakan sarana lain bagi perasaan negatif anak, misalnya mengajak
anak berdiskusi mengenai perasaannya.

Menurut riset dari buku yang saya baca (Anak di BAwah Tiga Tahun, Arlene
Eisenberg), akibat jangka panjang dari teman khayal ini adalah anak
cenderung mempunyai banyak teman yang sesungguhnya, kaya akan perbendaharaan
kata, dan akan menjadi kreatif, mandiri, kemampuan sosialnya tinggi dan bisa
bekerja sama dengan teman"nya.

OK......semoga Fira tumbuh menjadi anak yang cerdas ya.

Mamanya Naufal